Manusia Fitrah dan Tujuannya
Manusiafitrahdantujuannya
MaknafitrahpentingdiperhatikanbahwaAlQuranjugamenggunakan
istilahyangsamauntukobjekyangberbeda
ب,dan َرد
ف
َ
ِطر
ف
َ
kata-kataseperti َر َط,
ditemukandalamdelapanayatAlQuranyangdigunakanuntukفطرKataف.
menunjukmaknamenciptakan.Satudiantaranyamenjadikanlangitdan
bumisebagaiobjeknya(QS.6.AlAn‟am:79),sedangkantujuhayat
menjadikanmanusiasebagaiobjeknya(QS.30.AlRum:30,QS.17.AlIsra‟:
51,QS.20.Thaha:72,QS.11.Hud:51,QS.36.Yasiin:22,QS.43.Zuhruf:
27,danQS.21.AlAnbiya‟:56).
Kataفبطرdijumpaidalam enam ayatAlQuranyangdipergunakanuntuk
menyebutZatPencipta.Keenam ayattersebutmenempatkanlangitdan
bumisebagaiobjeknya(QS.6.AlAn‟am:14,QS.12.Yusuf:101,QS.14.
Ibrahaim:10,QS.35.Fathir:1,QS.39.AlZumar:46,danQS.42.Al
Syura:11).
Muatanistilah-istilahفطرdanفبطرdalam ayat-ayatdiatastidakadayang
dapatdikaitkanlangsungdengansifatfitrahsebagaimanadimaksudkan
dalam bahasan ini,karena kata فطرdigunakan untuk menunjuk arti
menciptakan,sedangkan kata فبطر digunakan untuk menyebut Zat pencipta.
KandunganmanusiafitrahQSal-anfal
رdan, فyangterdiridarihuruf,فطر,KataFitrahberasaldariBahasaArab
,menunjukpadapengertiankonstitusiawalkeberadaandankemunculan
sesuatu.
(الخلقبدdiartikandenganالفطرحSedangkankata
DiDalambukuكتبةالتعريفبدdisebutkanpengertiannyasebagai
(الججلخالمتهيئخلقجىلالذين”,azaskesiapsiagaanuntukmenerimaagama
JikadihubungkandenganQS.7.Al-A‟raf:172,QS.30.Al-Rum:30,dan
haditstentangfitrah,Makadenganformulasiyangsingkatdapatdisebut
sebagaiazaskesiapsiagaanmanusiauntukmenerimaagamatauhid,yang
merupakanhakikatmenusiasebagaimakhlukciptaanAllahswt.Kata
fitrahdisebutkanhanyasatudalam ayatAlQuran,yaitudalam QS.30.Al
Rum:30,berkaitandenganagamayanglurus,yangsecaralangsung
menyebutkanbahwamanusiadiciptakanatasfitrahagamaitu,artinya
manusiaDiaciptakansesuaidanselarasdenganagamatersebut.
Pembahasantentangfitrahsebagaimanayangterkandungdalam
judultulisaniniselanjutnyadidasarkandanbertitiktolakdariayatAlQuran
QS.30.AlRum:30,QS.AlA‟raf:172,danHaditsNabitentangfitrah,serta
diperkayadenganimformasihasil-hasilkajianilmiahlainnyayangrelevan. Q.S 30 Al Rum:30.
Penjelasanfitrahdantujuannya
Kaitanantarafitrahagamadengnfitrahmanusiatanpakjelasdalam
QS.7.AlA‟raf:172yangmengindikasikanbahwaantaraAllahdengan
manusiatelahterjadisemacam perjanjianyangpadaintinyamenegaskan
bahwaAllahadalahTuhanmanusia,danmanusiamengakuiAllahsebagai
Tuhannya.Perjanjiantersebutmerupakansyahadatpengakuanmanusia
tentangTuhanYangMahaEsa,begitupulalangkahpertamadanpaling
mendasardalamberagamaadalahber-tauhid.
Lebihjelasmengenaipenciptaanmanusiadapatditelusuridarimuatan
klausa...فطردهللاالتىفطرالنـبشعليهب,menunjukkanAllahmembuat
ciptaan-NyasekaligusmenanamkanpengakuantentangAllahdan
kekuatanpengetahuaniman.
Kekuatan tersebut merupakan نيخ االنســب الججلخ)yakni tabiat
kemanusiaanyangmemilikiduasisikehidupan,
-pertamajasmanihayawaniyahdankeduarohanimalakiyah.Didalam
keduakehidupanitulahterdapatpotensi-potensiuntukmengenalalam
syahadah(nyata)danalam ghaib.Pengenalanitudimungkinkan,oleh
karena didalam tersebuttersedia potensiagama secara sempurna
sebagaiperasaanataukatahatiyangmengakuiadanyakekuatandan
kekuasaanMahagaibatassegalakekuatanalam dengansegalahukum
danyangadadalamalam.
PerintahAllahkepadamanusiaagarmenghadapkanwajahdenganlurus
kepadaagamaAllahialahsupayamanusiatetapberadapadagarislurus
fitrahnya,tidakmenyimpang.
DiatasfitrahAllahyakniagamayanglurusitulahmanusiadiciptakan.
Karenakonsepsifitrahtersebutmenunjukkepadaeksistensiduanbuah
dimensi,yaitudimensifitrahmanusiadandimensifitrahagamaIslam.
Manusiaketikadilahirkanmemangdealamkeadaantidakmengetahuiapa
-apakarenaakalnyabelum aktif,Meskipununtukitu,manusiatidaklah
dianggaptelahMuslaim sejaklahirsebabketikadilahirkandiatidaktahu
apa-apatentangIslamsebagaimanadisebutkandalamQS.16.AlNahl:78.
Orangyangtidaktahuapa-apatidakdapatdisebutMuslim atauNon
Muslim,berimanataukafir(AbdurrahmanShalih,1991:80),tetapibukan kosongsepertikertasputihyangbelumbertulisataumejalilindalamteori
tabularasa.
Manusiadiciptakandanlahirdalam eksistensitelahmembawafitrahnya
yaknipengakuanbahwaAllahsebagaiTuhannyayangdiucapkandalam
syahadatprimordialdenganTuhandialam ruh.Duadimensitersebutoleh
IbnuTaimiyyahjugadisinggungdenganmenggunakanistilahfitrah
algharizah(فطرحالغرزح(danfitrahalmunazzalah
Yangpertamaadalahdayainherenyangterdapatdalam(.فطرح ّالمن(سلخ
dirimanusia,memilikitigasisiyaitu:
-quwwahalsyahwah
-quwwahalghadab
-quwwahalaql
Yang keduamerupakanwahyudansunnahyang beradadiluardiri
manusia,berfungsisebagaipembimbingperkembanganfitrahalgharizah.
Nyatalahbahwamanusiaitumemilikitabiatberagama,ataunaluri
agamamemangtelahtersediapadadirimansia,itulahyangdimaksud
dengan azas kesiapsiagaan manusia untuk beragama tauhid,yang
ditegaskanolehRasyidRidhabahwapokokagamafitrahsecaranaluriah
terdapatpadamanusia.
sebabIslam adalahagamafitrah,penjelasan(tabyin)bahwaIslam
adalahagamafitrahmerupakansalahsatutugasdiantaratugas-tugas
NabiMuhammadsaw.sebagairasulutusanAllah.
Dilihatdarikonseptentangfitrah,menurutMurtadhaMuthahhari,agama
Islammemilikiduakeistimewaan.
-Pertama,merupakankebutuhanfitrahdanemosionalmanusia.
-Kedua,merupakansatu-satunyasaranauntukmemenuhikebutuhanfitrah
manusiayangtidakdapatdigantikanolehsesuatuapapun.
AlQurandansunnahmemangtidakmenyodorkankonsepjadi padidikanIslam,hanyamenggariskanprinsipnilai,patokan,danpetunjuk
dasarpendidikanyang harusditerjemahkanmuatannyadandipaham
untukdijadikanacuanfendamentalkonsepteori,sistem,danparaktik
operasionalpelaksanaanpendidikan.
PetunjukdasarpendidikanIslam yangdigariskanAlQurandansunnah
tidaksecaralangsungdapatdituangkanmenjadiilmupendidikanIslam
ataudiaplikasikankedalam praktikpendidikanIslam,karenauntuktahap
menjadiilmuataupraktekterlebihdahuluharusmelaluikajianfilosofis
sedemikianrupaolehFilsafatPendidikanIslam.
Secaramakrosisi-sisipendidikanIslam dapatdilihatdariduaaspek,
yaituaspekeksternaldirimanusiandanaspekinternaldirimanusia.
Aspekeksternaldirimanusia merupakan petunjuk-petunjuk,gagasangagasan,ide-idedanmateri-materipendidikanyanghendakdisampaikan
untuk diinternalisasikan ke dalam diripeserta didik sebagaimisi kemaslahatan diri.

Komentar
Posting Komentar