Manusia Fitrah dan Tujuannya

 Manusiafitrahdantujuannya

MaknafitrahpentingdiperhatikanbahwaAlQuranjugamenggunakan

istilahyangsamauntukobjekyangberbeda

ب,dan َرد

ف

َ

ِطر

ف

َ

kata-kataseperti َر َط,

ditemukandalamdelapanayatAlQuranyangdigunakanuntukفطرKataف.

menunjukmaknamenciptakan.Satudiantaranyamenjadikanlangitdan

bumisebagaiobjeknya(QS.6.AlAn‟am:79),sedangkantujuhayat

menjadikanmanusiasebagaiobjeknya(QS.30.AlRum:30,QS.17.AlIsra‟:

51,QS.20.Thaha:72,QS.11.Hud:51,QS.36.Yasiin:22,QS.43.Zuhruf:

27,danQS.21.AlAnbiya‟:56).

Kataفبطرdijumpaidalam enam ayatAlQuranyangdipergunakanuntuk

menyebutZatPencipta.Keenam ayattersebutmenempatkanlangitdan

bumisebagaiobjeknya(QS.6.AlAn‟am:14,QS.12.Yusuf:101,QS.14.

Ibrahaim:10,QS.35.Fathir:1,QS.39.AlZumar:46,danQS.42.Al

Syura:11).

Muatanistilah-istilahفطرdanفبطرdalam ayat-ayatdiatastidakadayang

dapatdikaitkanlangsungdengansifatfitrahsebagaimanadimaksudkan

dalam bahasan ini,karena kata فطرdigunakan untuk menunjuk arti

menciptakan,sedangkan kata فبطر digunakan untuk menyebut Zat pencipta.

KandunganmanusiafitrahQSal-anfal

رdan, فyangterdiridarihuruf,فطر,KataFitrahberasaldariBahasaArab

,menunjukpadapengertiankonstitusiawalkeberadaandankemunculan

sesuatu.

(الخلقبدdiartikandenganالفطرحSedangkankata

DiDalambukuكتبةالتعريفبدdisebutkanpengertiannyasebagai

(الججلخالمتهيئخلقجىلالذين”,azaskesiapsiagaanuntukmenerimaagama

JikadihubungkandenganQS.7.Al-A‟raf:172,QS.30.Al-Rum:30,dan

haditstentangfitrah,Makadenganformulasiyangsingkatdapatdisebut

sebagaiazaskesiapsiagaanmanusiauntukmenerimaagamatauhid,yang

merupakanhakikatmenusiasebagaimakhlukciptaanAllahswt.Kata

fitrahdisebutkanhanyasatudalam ayatAlQuran,yaitudalam QS.30.Al

Rum:30,berkaitandenganagamayanglurus,yangsecaralangsung

menyebutkanbahwamanusiadiciptakanatasfitrahagamaitu,artinya

manusiaDiaciptakansesuaidanselarasdenganagamatersebut.

Pembahasantentangfitrahsebagaimanayangterkandungdalam

judultulisaniniselanjutnyadidasarkandanbertitiktolakdariayatAlQuran

QS.30.AlRum:30,QS.AlA‟raf:172,danHaditsNabitentangfitrah,serta

diperkayadenganimformasihasil-hasilkajianilmiahlainnyayangrelevan. Q.S 30 Al Rum:30.

Penjelasanfitrahdantujuannya

Kaitanantarafitrahagamadengnfitrahmanusiatanpakjelasdalam

QS.7.AlA‟raf:172yangmengindikasikanbahwaantaraAllahdengan

manusiatelahterjadisemacam perjanjianyangpadaintinyamenegaskan

bahwaAllahadalahTuhanmanusia,danmanusiamengakuiAllahsebagai

Tuhannya.Perjanjiantersebutmerupakansyahadatpengakuanmanusia

tentangTuhanYangMahaEsa,begitupulalangkahpertamadanpaling

mendasardalamberagamaadalahber-tauhid.

Lebihjelasmengenaipenciptaanmanusiadapatditelusuridarimuatan

klausa...فطردهللاالتىفطرالنـبشعليهب,menunjukkanAllahmembuat

ciptaan-NyasekaligusmenanamkanpengakuantentangAllahdan

kekuatanpengetahuaniman.

Kekuatan tersebut merupakan نيخ االنســب الججلخ)yakni tabiat

kemanusiaanyangmemilikiduasisikehidupan,

-pertamajasmanihayawaniyahdankeduarohanimalakiyah.Didalam

keduakehidupanitulahterdapatpotensi-potensiuntukmengenalalam

syahadah(nyata)danalam ghaib.Pengenalanitudimungkinkan,oleh

karena didalam tersebuttersedia potensiagama secara sempurna

sebagaiperasaanataukatahatiyangmengakuiadanyakekuatandan

kekuasaanMahagaibatassegalakekuatanalam dengansegalahukum

danyangadadalamalam.

PerintahAllahkepadamanusiaagarmenghadapkanwajahdenganlurus

kepadaagamaAllahialahsupayamanusiatetapberadapadagarislurus

fitrahnya,tidakmenyimpang.

DiatasfitrahAllahyakniagamayanglurusitulahmanusiadiciptakan.

Karenakonsepsifitrahtersebutmenunjukkepadaeksistensiduanbuah

dimensi,yaitudimensifitrahmanusiadandimensifitrahagamaIslam.

Manusiaketikadilahirkanmemangdealamkeadaantidakmengetahuiapa

-apakarenaakalnyabelum aktif,Meskipununtukitu,manusiatidaklah

dianggaptelahMuslaim sejaklahirsebabketikadilahirkandiatidaktahu

apa-apatentangIslamsebagaimanadisebutkandalamQS.16.AlNahl:78.

Orangyangtidaktahuapa-apatidakdapatdisebutMuslim atauNon

Muslim,berimanataukafir(AbdurrahmanShalih,1991:80),tetapibukan kosongsepertikertasputihyangbelumbertulisataumejalilindalamteori

tabularasa.

Manusiadiciptakandanlahirdalam eksistensitelahmembawafitrahnya

yaknipengakuanbahwaAllahsebagaiTuhannyayangdiucapkandalam

syahadatprimordialdenganTuhandialam ruh.Duadimensitersebutoleh

IbnuTaimiyyahjugadisinggungdenganmenggunakanistilahfitrah

algharizah(فطرحالغرزح(danfitrahalmunazzalah

Yangpertamaadalahdayainherenyangterdapatdalam(.فطرح ّالمن(سلخ

dirimanusia,memilikitigasisiyaitu:

-quwwahalsyahwah

-quwwahalghadab

-quwwahalaql

Yang keduamerupakanwahyudansunnahyang beradadiluardiri

manusia,berfungsisebagaipembimbingperkembanganfitrahalgharizah.

Nyatalahbahwamanusiaitumemilikitabiatberagama,ataunaluri

agamamemangtelahtersediapadadirimansia,itulahyangdimaksud

dengan azas kesiapsiagaan manusia untuk beragama tauhid,yang

ditegaskanolehRasyidRidhabahwapokokagamafitrahsecaranaluriah

terdapatpadamanusia.

sebabIslam adalahagamafitrah,penjelasan(tabyin)bahwaIslam

adalahagamafitrahmerupakansalahsatutugasdiantaratugas-tugas

NabiMuhammadsaw.sebagairasulutusanAllah.

Dilihatdarikonseptentangfitrah,menurutMurtadhaMuthahhari,agama

Islammemilikiduakeistimewaan.

-Pertama,merupakankebutuhanfitrahdanemosionalmanusia.

-Kedua,merupakansatu-satunyasaranauntukmemenuhikebutuhanfitrah

manusiayangtidakdapatdigantikanolehsesuatuapapun.

AlQurandansunnahmemangtidakmenyodorkankonsepjadi padidikanIslam,hanyamenggariskanprinsipnilai,patokan,danpetunjuk

dasarpendidikanyang harusditerjemahkanmuatannyadandipaham

untukdijadikanacuanfendamentalkonsepteori,sistem,danparaktik

operasionalpelaksanaanpendidikan.

PetunjukdasarpendidikanIslam yangdigariskanAlQurandansunnah

tidaksecaralangsungdapatdituangkanmenjadiilmupendidikanIslam

ataudiaplikasikankedalam praktikpendidikanIslam,karenauntuktahap

menjadiilmuataupraktekterlebihdahuluharusmelaluikajianfilosofis

sedemikianrupaolehFilsafatPendidikanIslam.

Secaramakrosisi-sisipendidikanIslam dapatdilihatdariduaaspek,

yaituaspekeksternaldirimanusiandanaspekinternaldirimanusia.

Aspekeksternaldirimanusia merupakan petunjuk-petunjuk,gagasan￾gagasan,ide-idedanmateri-materipendidikanyanghendakdisampaikan

untuk diinternalisasikan ke dalam diripeserta didik sebagaimisi kemaslahatan diri.

Komentar

Postingan Populer